Tuesday, October 23, 2012

Raja Cheoljong



Kali ini saya mau ngepost tentang sejarah Korea. Kali ini Raja yang disebut-sebut dalam drama Korea Dr. Jin. Yaitu Raja Cheoljong dari Joseon. Beliau memerintah dari tahun 1849 sampai 1863. Beliau ini adalah anak ketiga dari Pengeran Jeon-gye, yaitu buyut Raja Yeongjo.
Beliau menjabat saat klan Andong Kim mengendalikan pemerintahan. Untuk Andong Kim, Cheoljong merupakan pilihan yang hebat. Buta hurufnya membuatnya dapat dimanipulasi dan rentan terhadap kontrol mereka. Bukti dari itu adalah meskipun Cheoljong memerintah negara selama 13 tahun, sampai hari terakhirnya ia tidak dapat berjalan dengan wibawa seorang raja atau bagaimana mengenakan pakaian kerajaan, jadi meskipun berpakaian sangat mewah ia masih kelihatan seperti seorang nelayan. Beliau pun juga dinikahkan dengan salah satu Ratu dari klan Andong Kim. Yaitu Ratu Cheol-in.
Calon Raja Cheoljong ditemukan di Pulau Ganghwa dimana keluarganya telah melarikan diri untuk bersembunyi dari opresi. Ketika para utusan (yang diberangkatkan untuk mencari calon raja) tiba di Pulau Ganghwa, mereka menemukan sisa klan Yi yang hampir tak dapat bertahan di dalam kemiskinan.Pada tahun 1849, pada usia 18 tahun, Yi Byeon/Seong(bakal Cheoljong), putra ketiga Pangeran Jeon-gye, diumumkan sebagai Raja, di tengah-tengah degrasi dan kemiskinan. Namun dari awal raja Dinasti Joseon Korea telah memberikan prioritas pada pendidikan anak-anak mereka, Cheoljong bahkan tidak dapat membaca satu katapun yang tertulis di dalam surat ucapan selamat atas kenaikan tahtanya. Ckckck. Sedih ingetnya. Ini nih. Karena di Korea marak sekali perebutan kekuasaan antar saudara. Bunuh-bunuhan. Padahal itu saudaranya sendiri. Akhirnya Kerajaan Korea ini kehabisan pewaris, karena sebenarnya menurut saya Raja Cheoljong ini belum bisa naik sebagai Raja.
Beliau nggak bisa nulis, baca, apalagi mimpin negara. Akhirnya pemerintahan pun diambil alih oleh klan Andong Kim. Di era itu banyak sekali korupsi antara pejabat. Pejabat tidak lagi terlalu mementingkan rakyat. Raja pun tidak bisa apa-apa, karena pada dasarnya beliau ini mungkin tidak mau naik tahta.
Dalam drama Dr. Jin, Raja Cheoljong tidak terlalu bermain peran, tapi itu malah membuat catatan sendiri pada saya. Siapa Cheoljong? Apa jasanya? Mungkin itu yang membuat saya memposting ini.
Raja Cheoljong digantikan oleh Kaisar Gojong dari Kekaisaran Korea. Dimana dalam drama, Gojong ini digambarkan sebagai anak yang pintar. Beliau anak kedua dari Pangeran Agung Heung Seon, yang merupakan keturunan Raja Yeongjo, tapi tidak jelas.
Pada pemerintahan Cheoljong, ini merupakan raja terakhir yang memimpin KERAJAAN JOSEON, karena setelah itu berganti nama menjadi KEKAISARAN HAN RAYA. Dan diduduki Jepang pada saat Raja Gojong bertahta.
Ini mengingatkan saya dengan buku yang saya baca yaitu Putri Deokhye. Kisah putri Korea yang dipaksa pergi ke Jepang.
Kenapa jadi out-of-topic ya? Sekian post dari saya.

Source: wikipedia.com

No comments :

Post a Comment